random

Tak Ada Kereta Untuk Lebaran

Rasanya sudah 2 atau 3 tahun ini, perjalanan “spiritual” bernama mudik Lebaran nggak lagi saya jabanin pake kereta api. Dulu, sejak kali pertama pindah ke Jakarta, kereta adalah moda transportasi incaran paling logis untuk bisa pulang kampung dan merayakan Lebaran bersama keluarga besar di kampung halaman. Meskipun harus ditempuh semalaman, kereta masih bertiket lebih murah ketimbang pesawat, lebih nyaman ketimbang bus, dan punya stasiun tujuan yang cuman kurang 30 menit naik ojek ke rumah saya. Pokoknya, kereta udah juara lah buat pulang kampung.

Tapi, sejak pembelian tiket menjadi semakin mudah dengan membeli secara online, saya tak lagi akrab dengan kereta api untuk mudik. Well, secara gambar besar, pelayanan kereta api sekarang jauh, jauh, jauh lebih baik dari kapan itu. Mau masuk jalur pemberangkatan pun sekarang mesti nunggu sampai 30menit sebelum keberangkatan. Tiap penumpang yang masuk diperiksa dulu kesesuaiannya. Intinya, naik kereta api sekarang “sama ribetnya” seperti naik pesawat di airport. Serbateratur. Jelas, sebuah kemajuan untuk kereta api.

Namun, ya begitu. Buat kebanyakan orang, sistem baru ini begitu memudahkan. Bagi segelintir yang lain, termasuk saya, makin menjauhkan saya dari kereta api untuk mudik. Bukannya tak mau berusaha, tapi saya sudah hopeless duluan hingga sengaja nggak mantengin website kereta api untuk berburu tiket mudik. Sudahlah, saya pake pesawat saja. Meskipun, tentu saja lebih mahal, tak perlu saya berebut tiket hingga kemungkinan dapat mendekati mustahil (untuk sekarang, paling tidak). Dan, patut disyukuri pula, saya punya dana cukup untuk membelinya.

Saya cuman keinget masa-masa mesti ngelayap ke stasiun pas Subuh sehabis sahur ke Gambir demi selembar tiket mudik. Mungkin saya memang salah satu juara penggagal move on, ya, maunya mengenang masa lalu terus. Duh.

Advertisements

2 thoughts on “Tak Ada Kereta Untuk Lebaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s