random · traveling

Berkemas: Antara Benci dan Cinta…

Berkemas, atau anak zaman sekarang lebih kenal dengan istilah packing (nginggris banget pokoke), adalah salah satu momok yang menakutkan bagiku. Meskipun ada juga selipan letupan kebahagiaan menghadapi kenyataan bahwa dengan aku melakukan packing, itu berarti sebentar lagi aku akan memulai sebuah perjalanan, namun tetap saja, packing menjadi suatu kegiatan yang… yang ibaratnya tuh, semacam di antara benci dan cinta, halah. Tak melulu perjalanan yang jauh. Bahkan untuk sekadar mejeng di Kota Toea Jakarta pun sudah kusebut perjalanan, dan biasanya juga diawali dengan keribetan berkemas. Pakai ransel sedang apa kecil? Bawa payung apa nggak? Dompet dikantungin apa dimasukin tas? Bawa iPad apa buku fisik? Bawa powerbank apa enggak? Well, ribet banget, yak? Yeah, that’s my life. Seribet itulah.

http://www.dreamersradio.com

Baiklah, kalau untuk perjalanan yang sependek itu (masih dalam kota) saja aku sudah sedemikian ribet, lalu bagaimana aku menyiapkan bawaan buat mudik lebaran? Pastinya maharibet. Kalikan dua, karena aku pun berencana nyambung jalan-jalan dulu ke Bali. Hadoooooeeehhh….kalau kayak gini aku pengin minta tolong Mbak Windy Ariestanty buat ngasih wejangan gimana packing yang bener sebagaimana yang beliau tulis di bukunya, Life Traveler. Berhubung aku udah celingukan di dalam kamar dan tak menjumpai si buku itu di antara kontainer-kontainer yang memenuhi kamar kos sempitku, aku minjem infonya dari blog Noerashka yang mencuplik tentang “berkemas” versi Mbak Windy berikut ini, yang sudah dibumbui oleh Noerashka tentu saja:

Berkemas, buat saya tak ubahnya dengan menyisakan ruang kosong lebih banyak agar bisa memuat lebih banyak“. Wow ! Sama sekali tidak terpikir di benak saya sebelumnya. Kemudian, Windy pun menghipnotis saya dengan pemikirannya, bahwa berkemas itu mengajarkan kita untuk memilah, hal mana yang penting untuk kita bawa dan hal mana yang harus tega kita tinggalkan saja. Jangan sampai kita terbebani oleh hal-hal kecil, nan tidak penting, di sepanjang perjalanan kita. Sia-sia .. Jleb !

Yah, begitulah. Seharusnya aku mampu mempraktikkan apa yang ditulis Mbak Windy di bukunya itu. *sigh* Karena selama ini aku justru berpikir sebaliknya. Ketika berkemas, aku selalu mencari-cari ruang kosong entah itu di ransel atau koper, lalu baru mengedarkan pandang ke sekeliling ruangan untuk mencari barang apa yang bisa diselipkan di ruang kosong itu. Ya, saya menyadarinya sekarang. Itu sepertinya bukan pemikiran yang benar. Sebaiknya kuingat-ingat dulu apa yang paling kubutuhkan dalam perjalanan ini. Dan jika seluruh kebutuhan itu sudah kupenuhi, dan jika ternyata masih ada sisa ruang kosong di tas jalan yang kusiapkan, ya sudah, biarkan saja kosong. Anggap saja itu adalah persiapan agar ketika kembali nanti bisa diisi dengan sesuatu yang seru yang kujumpai di ujung atau tengah perjalananku. Jadi, aku tak perlu membeli tas baru lagi nanti di sana, kan? Good idea.

Ganbatte! Mari berkemas!

Advertisements

17 thoughts on “Berkemas: Antara Benci dan Cinta…

  1. Prefer jas hujan yg bisa dilipat kecil mas ketimbang payung. Persiapan mudik dan liburan ke Bali. Akhirnya… 😉

    1. Gak malah ribet pas makenya pake jas ujan ya, Ndah?
      Yihiii…iyah, masih semangat sih ke Bali.nya meskipun belum beli tiket ke sana, mau ngeteng pake kereta api aja…:)

      1. Yah kalo ribet ga usah bawa dua-duanya mas, pake daun pisang aja kalau ada. 😀
        Happy Mudik!

  2. MasTeg…gethuk pisang itu sebenarnya khas Kediri sih, tapi karena kampungku deket sama Kediri jadinya pas balik gitu suka bawain oleh-olehnya itu…:)

  3. Hai, Yuliono, salam kenal ..
    Terima kasih sudah main2 ke rumah mayaku & menjadikan resensi buku Mba Windy Ariestanty sebagai salah satu referensi tulisan di blogmu ..

    Sedikit ralat, nama saya Noerazhka, bukan Noerashka .. 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s